Laporan Kasus adalah tugas individu dimana dokter muda memecahkan pembahasan temuan pada kasus nyata yang diberikan oleh pembimbing berdasarkan studi literatur hingga pengambilan kesimpulan dan rencana penatalaksanaan. Tujuan pemberian tugas ini adalah menggali kemampuan logika klinis (clinical reasoning) dokter muda
Uraian | Peran Pembimbing | Peran Peserta Didik |
Pelaporan tugas | 1 Melapor kepada pembimbing tentang tugas laporan kasus | |
Pencarian kasus | 2.Pembimbing memilih kasus sesuai kompetensi | 3.Memeriksa kasus |
Studi literatur | 4.Melakukan studi literatur untuk dapat mendeskripsikan kasus dan melaporkan rencana penatalaksanaan | |
Presentasi | 5.Mempresentasikan kepada pembimbing dan rekan | |
6.Menjadi narasumber pada presentasi | ||
7.Menilai hasil presentasi laporan kasus secara langsung |
- Format Penulisan Laporan Kasus
BAB I : Kasus
I.1 Hasil anamnesis, riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik
I.2 Hasil Pemeriksaan Penunjang
I.3 Diagnosa banding dan diagnosa kerja
I.4 Rencana penatalaksanaan
BAB II : Dasar Teori dan berdasarkan basis bukti ( evidence based madicine)
BAB III : Analisa berdasarkan Dasar Teori dan berdasarkan basis
III.1 Dasar diagnosa
III.2 Alasan rencana penatalaksanaan
III.3 Komplikasi, Prognosa ,
III.4 Komunikasi informasi dan edukasi
BAB IV: Penutup, Referensi
- Form Lembar penilaian Laporan Kasus (Kognitif)
Nama | |||||
NIM | |||||
Tanggal | |||||
Judul kasus | |||||
Aspek yang dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Pengumpulan data | |||||
Analisa masalah | |||||
Penguasaan teori | |||||
Referensi | |||||
Pengambilan keputusan klinis | |||||
Cara penyajian | |||||
Bentuk laporan | |||||
Total | |||||
Nilai %=(Total/35)x100% | |||||
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik | |||||
(80%), dan 5 =sangat baik (100%) | |||||
Komentar penilai | |||||
Nama Penilai | Paraf/Stempel | ||||