Ujian akhir dilakukan dengan metode penilaian yang difokuskan untuk menilai ketrampilanmelakukan anamnesis , pemeriksaan fisik , membuat rekam medis, efisiensi, pengambilan keputusan klinis , profesionalisme , ketrampilan konseling dan konsultasi serta rujukan
Bagian | ||||||||||
Nama Penguji (utama/pendamping) | ||||||||||
Nama Dokter Muda | ||||||||||
Tanggal | ||||||||||
ââ€â€Ã‚ Penilaian Ketrampilan Klinis | ||||||||||
Keluhan Utama/Diagnosis | ||||||||||
Kompleksitas kasus | Rendah/sedang/tinggi * | |||||||||
Fokus mini CEX | Pengambilan data/diagnosis/penatalaksanaan/konseling | |||||||||
Tipe konsultasi | Prognosis baik/prognosis buruk/bukan keduanya | |||||||||
Aspek | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1.Ketrampilan anamnesis | ||||||||||
2.Ketrampilan pemeriksaan fisik | ||||||||||
3.Ketrampilan membuat rekam medis | ||||||||||
4. Pengambilan keputusan klinis | ||||||||||
5. Ketrampilan konseling dan komunikasi | ||||||||||
6. Profesionalisme | ||||||||||
7.Konsultasi dan rujukan | ||||||||||
8.Efisiensi | ||||||||||
9.Penatalaksanaan kegawatan | ||||||||||
Total | ||||||||||
Nilai % = (Total/9naspek)x100% |
Penilaian oral examination adalah bagaimana dokter muda dapat menguasai materi ilmu biomedik, epidemiologi, menganalisa masalah klinis, menganalisa hasil penunjang diagnostic dan menguasai teori ketrampilan klinik dalam mengelola pasien .
Penilaian afektif meliputi aspek etika dalam berkomunikasi, berpenampilan, bersikap dalam menerima pendapat serta kritik.
Penilaian Ujian Lisan Terstruktur
ââ€â€Ã‚ Penilaian Ujian Lisan Terstruktur | ||||||
Aspek yang dinilai | Skor | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
Penguasaan materi ilmu biomedik | ||||||
Penguasaan materi ilmu klinik dan epidemiologi | ||||||
Kemampuan penatalaksanaan pasien | ||||||
Kemampuan analisa masalah klinis | ||||||
Kemampuan interpretasi hasil laboratorium dan pencitraan | ||||||
Penguasaan teori ketrampilan klinik | ||||||
Total | ||||||
Nilai % = (total/30) x 100% | ||||||
Keterangan : 1= sangat kurang (20%), 2= kurang(40%), 3= sedang(60%), 4=baik(80%), 5=sangat baik(100%) | ||||||
ââ€â€Ã‚ Penilaian Afektif | ||||||
Aspek yang dinilai | Skor | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
Etika dalam berkomunikasi | ||||||
Etika dalam berpenampilan | ||||||
Etika dalam bersikap | ||||||
Keterbukaan dalam menerima pendapat dan kritik | ||||||
Total | ||||||
Nilai % = (Total/20)x100% | ||||||
Keterangan : 1= sangat kurang (20%), 2= kurang(40%), 3= sedang(60%), 4=baik(80%), 5=sangat baik(100%) | ||||||
Komentar penilai terhadap dokter muda dalam kegiatan ini | ||||||
Komentar dokter muda terhadap kemampuannya dalam kegiatan ini | ||||||
Tandatangan Dokter muda | Tandatangan Penilai | |||||