Tutorial dan Lap. Hasil Tutorial

Tutorial adalah tugas kelompok dimana sekelompok dokter muda berdiskusi dengan pencetus suatu masalah klinis nyata menggunakan sistematika yang telah disepakati yaitu:
• Langkah 1 klarifikasi kata sulit
• Langkah 2 identifikasi kata kunci
• Langkah 3 perumusan masalah/pertanyaan
• Langkah 4 mengklasifikasikan jawaban pertanyaan
• Langkah 5 menyusun tujuan pembelajaran berikutnya
• Langkah 6 mencari informasi tambahan
• Langkah 7 melakukan sintesis dari informasi yang baru ditemukan

Tutorial dilakukan dalam beberapa kali pertemuan yaitu minimal 1 kali dengan tutor dan diskusi mandiri dengan jumlah yang tidak dibatasi.
Laporan tutorial adalah mekanisme pelaporan hasil tutorial yang disampaikan kepada pembimbing klinik sebagai narasumber.
Tujuan tugas ini adalah melatih dokter muda melakukan proses belajar berbasis masalah dan melatih logika klinis

Uraian Peran Pembimbing Peran Dokter Muda
Pelaporan tugas   1.      Melaporkan kepada pembimbing tentang tugas tutorial
Pencarian kasus 2.      Memilih kasus sesuai standar kompetensi dokter 3.      Melakukan prosedur pemeriksaan yang sesuai
Diskusi mandiri   4.      Mendiskusikan dengan langkah di atas minimal 1-4
Diskusi dengan tutor   5.      Melanjutkan diskusi sesuai langkah berikutnya
6.      Hanya memfasilitasi jalannya diskusi agar tetap sesuai jalur. Dan tidak berperan sebagi narasumber  
7.      Menilai proses diskusi tutorial masing-masing dokter muda  
Diskusi mandiri   8.      Mempersiapkan pelaporan
Laporan Hasil Tutorial   9.      Melaporkan hasil tutorial dalam bentuk dokumen dan presentasi didepan pembimbing dan/atau pakar
10.  Berperan sebagai Narasumber  
11.  Menilai laporan  
12.  Memberikan masukan untuk revisi 13.  Merevisi laporan
Pengesahan laporan   14.  Menyerahkan hasil revisi laporan
15.  Mengesahkan penilaian laporan hasil tutorial  

Format Penulisan Laporan Hasil Tutorial
BAB I : Kasus
I.1 Hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik
I.2 Hasil pemeriksaan penunjang lain (bila ada)
BAB II : Kata Kunci
BAB III : Pertanyaan
BAB IV : Kumpulan jawaban pertanyaan
BAB V : Sintesa dan Analisa
BAB VI : Kesimpulan

  • Form Penilaian Tutorial (Kognitif & Afektif)
Nama Dokter Muda  
NIM  
Tanggal  
Judul Kasus  
Aspek Kognitif Yang Dinilai Skor
1 2 3 4 5
Informasi ilmiah (originalitas, validitas, dan keterkinian informasi)          
Kemampuan   analisis   (menyangkut   materi     yang didiskusikan)          
Ketrampilan komunikasi          
Total  
Nilai % = (Total/20)x100%  
Aspek Afektif Yang Dinilai Skor
1 2 3 4 5
Partisipasi aktif dan tanggung jawab dalam proses tutorial          
Keterbukaan dalam diskusi          
Etika berkomunikasi          
Etika berpenampilan / bersikap          
Total  
Nilai % = (Total/20) x 100%  
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik
(80%), dan 5 =sangat baik(100%)
Komentar penilai  
 
           
Nama Penilai Paraf/Stempel
   

 

  • Form Penilaian Laporan Hasil Tutorial (Kognitif & Afektif)
Nama Dokter Muda  
NIM  
Tanggal  
Judul Kasus  
Aspek Kognitif Yang Dinilai Skor
1 2 3 4 5
Validitas          
Keterkinian informasi / referensi          
Kualitas laporan          
Format penyusunan dan penggunaan bahasa          
Cara penyajian          
Penguasaan materi          
Total  
Nilai % = (Total/30) x 100%  
Aspek Afektif Yang Dinilai Skor
1 2 3 4 5
Partisipasi aktif dan tanggung jawab dalam pleno          
Keterbukaan dalam diskusi          
Etika berkomunikasi          
Etika berpenampilan / bersikap          
Total  
Nilai % = (Total/20) x 100%  
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik
(80%), dan 5 =sangat baik(100%)
Komentar penilai  
 
           
Nama Penilai Paraf/Stempel