Tutorial adalah tugas kelompok dimana sekelompok dokter muda berdiskusi dengan pencetus suatu masalah klinis nyata menggunakan sistematika yang telah disepakati yaitu:
• Langkah 1 klarifikasi kata sulit
• Langkah 2 identifikasi kata kunci
• Langkah 3 perumusan masalah/pertanyaan
• Langkah 4 mengklasifikasikan jawaban pertanyaan
• Langkah 5 menyusun tujuan pembelajaran berikutnya
• Langkah 6 mencari informasi tambahan
• Langkah 7 melakukan sintesis dari informasi yang baru ditemukan
Tutorial dilakukan dalam beberapa kali pertemuan yaitu minimal 1 kali dengan tutor dan diskusi mandiri dengan jumlah yang tidak dibatasi.
Laporan tutorial adalah mekanisme pelaporan hasil tutorial yang disampaikan kepada pembimbing klinik sebagai narasumber.
Tujuan tugas ini adalah melatih dokter muda melakukan proses belajar berbasis masalah dan melatih logika klinis
Uraian | Peran Pembimbing | Peran Dokter Muda |
Pelaporan tugas | 1.     Melaporkan kepada pembimbing tentang tugas tutorial | |
Pencarian kasus | 2.     Memilih kasus sesuai standar kompetensi dokter | 3.     Melakukan prosedur pemeriksaan yang sesuai |
Diskusi mandiri | 4.     Mendiskusikan dengan langkah di atas minimal 1-4 | |
Diskusi dengan tutor | 5.     Melanjutkan diskusi sesuai langkah berikutnya | |
6.     Hanya memfasilitasi jalannya diskusi agar tetap sesuai jalur. Dan tidak berperan sebagi narasumber | ||
7.     Menilai proses diskusi tutorial masing-masing dokter muda | ||
Diskusi mandiri | 8.     Mempersiapkan pelaporan | |
Laporan Hasil Tutorial | 9.     Melaporkan hasil tutorial dalam bentuk dokumen dan presentasi didepan pembimbing dan/atau pakar | |
10. Berperan sebagai Narasumber | ||
11. Menilai laporan | ||
12. Memberikan masukan untuk revisi | 13. Merevisi laporan | |
Pengesahan laporan | 14. Menyerahkan hasil revisi laporan | |
15. Mengesahkan penilaian laporan hasil tutorial |
Format Penulisan Laporan Hasil Tutorial
BAB I : Kasus
I.1 Hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik
I.2 Hasil pemeriksaan penunjang lain (bila ada)
BAB II : Kata Kunci
BAB III : Pertanyaan
BAB IV : Kumpulan jawaban pertanyaan
BAB V : Sintesa dan Analisa
BAB VI : Kesimpulan
- Form Penilaian Tutorial (Kognitif & Afektif)
Nama Dokter Muda | |||||
NIM | |||||
Tanggal | |||||
Judul Kasus | |||||
Aspek Kognitif Yang Dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Informasi ilmiah (originalitas, validitas, dan keterkinian informasi) | |||||
Kemampuan  analisis  (menyangkut  materi   yang didiskusikan) | |||||
Ketrampilan komunikasi | |||||
Total | |||||
Nilai % = (Total/20)x100% | |||||
Aspek Afektif Yang Dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Partisipasi aktif dan tanggung jawab dalam proses tutorial | |||||
Keterbukaan dalam diskusi | |||||
Etika berkomunikasi | |||||
Etika berpenampilan / bersikap | |||||
Total | |||||
Nilai % = (Total/20) x 100% | |||||
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik | |||||
(80%), dan 5 =sangat baik(100%) | |||||
Komentar penilai | |||||
Nama Penilai | Paraf/Stempel | ||||
- Form Penilaian Laporan Hasil Tutorial (Kognitif & Afektif)
Nama Dokter Muda | |||||
NIM | |||||
Tanggal | |||||
Judul Kasus | |||||
Aspek Kognitif Yang Dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Validitas | |||||
Keterkinian informasi / referensi | |||||
Kualitas laporan | |||||
Format penyusunan dan penggunaan bahasa | |||||
Cara penyajian | |||||
Penguasaan materi | |||||
Total | |||||
Nilai % = (Total/30) x 100% | |||||
Aspek Afektif Yang Dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Partisipasi aktif dan tanggung jawab dalam pleno | |||||
Keterbukaan dalam diskusi | |||||
Etika berkomunikasi | |||||
Etika berpenampilan / bersikap | |||||
Total | |||||
Nilai % = (Total/20) x 100% | |||||
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik | |||||
(80%), dan 5 =sangat baik(100%) | |||||
Komentar penilai | |||||
Nama Penilai | Paraf/Stempel | ||||