Refreshing (Kognitif)

Refreshing adalah tugas individu dimana dokter muda membahas 5-10 penyakit terbanyak dan tindakan terbanyak dari dasar teori hingga kesimpulan dan rencana penatalaksanaan

Tujuan tugas ini adalah mempersiapkan dokter muda dalam masa orientasi sebelum bertemu langsung dengan pasien atau kasus nyata

Uraian Peran Pembimbing Peran Peserta Didik
Pelaporan tugas 1. Melaporkan kepada pembimbing
Pengajuan materi 2. Memberikan informasi

9. Penyakit terbanyak dan tindakan terbanyak dengan panduan kompetensi dokter umum

3. Membagi pembahasan seluruh penyakit dan tindakan
Studi luteratur 4. Mengumpulkan literatur terkait dengan materi yang telah ditentukan (termasuk hasil penelitian)
Menyusun laporan 5. Menyusun tugas tertulis
Presentasi 6. Mempresentasikan di depan pembimbing serta rekan
7. Menjadi narasumber
8. Menilai
  • Format Penulisan Materi Refreshing

BAB I  :
Pendahuluan
I.1 Epidemiologi
I.2 Patogensis, faktor predisposisi/risiko
I.3 Manifestasi Klinis
I.4 Pemeriksaan Penunjang
I.5 Kriteria diagnosis

BAB II: Tata Laksana farmakoterapi dan non farmakoterapi
BAB III: Komplikasi dan prognosa
BAB IV: Pencegahan
BAB V: Penutup, Referensi

  • Form Lembar penilaian Refreshing
Nama Dokter Muda
NIM
Tanggal
Judul Kasus
Aspek yang dinilai Skor
1 2 3 4 5
Kualitas materi
Penguasaan teori
Referensi
Cara penyajian
Total
Nilai % = (Total/20)x100%
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik
(80%), dan 5 =sangat baik(100%)
Komentar penilai
Nama Penilai Paraf/Stempel