Refreshing adalah tugas individu dimana dokter muda membahas 5-10 penyakit terbanyak dan tindakan terbanyak dari dasar teori hingga kesimpulan dan rencana penatalaksanaan
Tujuan tugas ini adalah mempersiapkan dokter muda dalam masa orientasi sebelum bertemu langsung dengan pasien atau kasus nyata
Uraian | Peran Pembimbing | Peran Peserta Didik |
Pelaporan tugas | 1. Melaporkan kepada pembimbing | |
Pengajuan materi | 2. Memberikan informasi
9. Penyakit terbanyak dan tindakan terbanyak dengan panduan kompetensi dokter umum |
3. Membagi pembahasan seluruh penyakit dan tindakan |
Studi luteratur | 4. Mengumpulkan literatur terkait dengan materi yang telah ditentukan (termasuk hasil penelitian) | |
Menyusun laporan | 5. Menyusun tugas tertulis | |
Presentasi | 6. Mempresentasikan di depan pembimbing serta rekan | |
7. Menjadi narasumber | ||
8. Menilai |
- Format Penulisan Materi Refreshing
BAB I :
Pendahuluan
I.1 Epidemiologi
I.2 Patogensis, faktor predisposisi/risiko
I.3 Manifestasi Klinis
I.4 Pemeriksaan Penunjang
I.5 Kriteria diagnosis
BAB II: Tata Laksana farmakoterapi dan non farmakoterapi
BAB III: Komplikasi dan prognosa
BAB IV: Pencegahan
BAB V: Penutup, Referensi
- Form Lembar penilaian Refreshing
Nama Dokter Muda | |||||
NIM | |||||
Tanggal | |||||
Judul Kasus | |||||
Aspek yang dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Kualitas materi | |||||
Penguasaan teori | |||||
Referensi | |||||
Cara penyajian | |||||
Total | |||||
Nilai % = (Total/20)x100% | |||||
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik | |||||
(80%), dan 5 =sangat baik(100%) | |||||
Komentar penilai | |||||
Nama Penilai | Paraf/Stempel | ||||