Journal reading adalah tugas individu dimana dokter muda menilai kesahihan hasil penelitian sebagai bekal dasar bagi evidence based medicine.
Tujuan tugas ini adalah dokter muda mampu menilai secara kritis kesahihan informasi terkini dan menerapkan dalam pengelolaan kasus yang ada.
Uraian | Peran Pembimbing | Peran Peserta Didik |
Pelaporan tugas | 1.     Melaporkan kepada pembimbing | |
Pengajuan judul | 2.     Memberikan tema dengan panduan kompetensi dokter umum | 3.     Mengajukan lebih dari satu judul jurnal |
Studi literatur | 4.     Menerjemahkan dan mengumpulkan literatur dan menganalisa kesahihan hasil penelitian dalam jurnal tersebut | |
Presentasi | 5.     Mempresentasikan di depan pembimbing dan pakar serta rekan | |
6.     Menjadi narasumber | ||
7.     Menilai |
ÂÂÂ
Format Penyajian Journal reading ( review article, original articlre, case report, research diagnostic dan therapi )
BAB I            : Pendahuluan
ABSTRAK ( IMRAD)
BAB II           : Ulasan jurnal yang meliputi :
- Latar Belakang dan tujuan
- Metodologi
- Hasil penelitian
- Analiisa secara ringkas atau
- Epidemiologi, patogenesis, manifestasi klinis, pemeriksaan penunjang, therapi, komplikasi dan prognosis Secara ringkas
BAB III         : Telaah kritis
BAB IV         : Penutup
- Form Penilaian Jurnal Reading (Kognitif)
Nama Dokter Muda | |||||
NIM | |||||
Tanggal | |||||
Judul Kasus | |||||
Aspek yang dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Kemampuan analisis | |||||
Penguasaan teori | |||||
Referensi | |||||
Cara penyajian | |||||
Total | |||||
Nilai %=(Total/20)x100% | |||||
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik | |||||
(80%), dan 5 =sangat baik(100%) | |||||
Komentar penilai | |||||
Nama Penilai | Paraf/Stempel | ||||