Jurnal Reading (Kognitif)

Journal reading adalah tugas individu dimana dokter muda menilai kesahihan hasil penelitian sebagai bekal dasar bagi evidence based medicine.

 

Tujuan tugas ini adalah dokter muda mampu menilai secara kritis kesahihan informasi terkini dan menerapkan dalam pengelolaan kasus yang ada.

 

Uraian Peran Pembimbing Peran Peserta Didik
Pelaporan tugas 1.      Melaporkan kepada pembimbing
Pengajuan judul 2.      Memberikan tema dengan panduan kompetensi dokter umum 3.      Mengajukan lebih dari satu judul jurnal
Studi literatur 4.      Menerjemahkan dan mengumpulkan literatur dan menganalisa kesahihan hasil penelitian dalam jurnal tersebut
Presentasi 5.      Mempresentasikan di depan pembimbing dan pakar serta rekan
6.      Menjadi narasumber
7.      Menilai

 

Format Penyajian Journal reading ( review article, original articlre, case report, research diagnostic dan therapi )

BAB I             : Pendahuluan

ABSTRAK ( IMRAD)

BAB II            : Ulasan jurnal yang meliputi :

  • Latar Belakang dan tujuan
  • Metodologi
  • Hasil penelitian
  • Analiisa secara ringkas atau
  • Epidemiologi, patogenesis, manifestasi klinis, pemeriksaan penunjang, therapi, komplikasi dan prognosis Secara ringkas

BAB III          : Telaah kritis

BAB IV          : Penutup

  • Form Penilaian Jurnal Reading (Kognitif)
Nama Dokter Muda  
NIM  
Tanggal  
Judul Kasus  
Aspek yang dinilai Skor
1 2 3 4 5
Kemampuan analisis          
Penguasaan teori          
Referensi          
Cara penyajian          
Total  
Nilai %=(Total/20)x100%  
Keterangan : 1 = sangat kurang (20%), 2 = kurang (40%), 3 = sedang (60%), 4 = baik
(80%), dan 5 =sangat baik(100%)
Komentar penilai  
 
 
Nama Penilai Paraf/Stempel